Jumat, 22 November 2013

perspektif psikodinamika

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
     Pekerjaan sosial adalah salah satu profesi pertolongan untuk membantu individu, kelompok, dan masyarakat dalam memperbaiki dan meningkatkan keberfungsian sosialnya. Sebagai sebuah profesi, pekerjaan sosial harus dapat dipertanggungjawabkan secara sosial sehingga harus didasari pada teori atau pengetahuan (body of knowledge), nilai (body of values), dan keterampilan (body of skills) tertentu.
     Sebagaimana individualist-reformist sebagai salah satu aliran dari teori pekerjaan sosial dengan fokus untuk bekerja dengan individu , keluarga dan kelompok dan berfokus pada peningkatan situasi mereka dalam tatanan sosial dalam mencapai perubahan dalam kebijakan dan praktek untuk kepentingan klien dan orang lain seperti mereka.  Individualis-reformist memiliki fokus yang sama dengan teori psychodynamic yang sangat individual dan memiliki fokus terhadap perubahan sosial.
     Disisi lain, dalam praktek pekerjaan sosial terdapat usaha-usaha perubahan sosial. Tentunya untuk melakukan usaha tersebut, tidak dilakukan begitu saja tanpa dasar pengetahuan atau teori. Jadi semakin jelaslah mengapa perspektif  psikodinamik dibahas dalam teori pekerjaan sosial.

1.2  Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang diatas , maka yang menjadi rumusan masalah antara lain :
1.      Apa yang dimaksud dengan perspektif psikodinamik?
2.      Apa kegunaan perspektif psikodinamik di dalam pekerjaan sosial?
3.      Teori-teori apa yang mendasari perspektif psikodinamik?

3.3  Tujuan Penulisan
1.       Untuk menjelaskan mengenai perspektif psikodinamik?
2.       Untuk menjelaskan kegunaan dari perspektif psikodinamik di dalam pekerjaan              sosial?
3.       Untuk menjelaskan teori-teori yang mendasari perspektif psikodinamika.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Perspektif Psikodinamik
     Perspektif psikodinamik dikembangkan oleh Sigmund Freud dalam perkembangan pekerjaannya. Teori ini memegang pengaruh penting pada priode 1930-1060 dimana pekerjaan sosial didirikan. Dimana teori ini menjadi dasar bagi pekerjaan sosial tradisional.
     Perspektif psikodinamik merupakan bagian dari aliran individualist reformist yang memiliki fokus terhadap perubahan sosial. Dikatakan psikodinamik karena teori yang mendasari mereka mengasumsikan bahwa perilaku berasal dari gerakan dan intraksi dalam pikiran orang. Dimana, teori-teori ini menggunakan berbagai teknik untuk menafsirkan bagaimana pikiran orang bekerja dengan mengamati perilaku mereka . Teori Psychodinamic menekankan  bahwa pikiran merangsang perilaku dan keduanya saling mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya.
2.2 Kegunaan Persperktif Psikodinamik
     Memahami teori psikodinamik adalah prasyarat untuk memeriksa teori-teori pekerjaan sosial lainnya dan memiliki pengaruh terhadap berbagai aliran pemikiran lainnya dewasa ini. Rasmussen dan Mishna berpendapat bahwa pekerjaan sosial psikodinamik berguna dalam memberikan kontribusi untuk pekerjaan sosial yang memiliki fokus pada konteks sosial di mana hubungan interpersonal terjadi.
     Selain itu, psikodinamik juga membantu kita untuk memahami beberapa perspektif tentang realitas dan disjuntions dalam belajar tentang realitas  . Ini terjadi melalui pengaruh ego psikologi (Goldstain). Semakin dilihat sebagai menyediakan model relasional untuk meningkatkan hubungan antar manusia. Fokus pada bagaimana orang berinteraksi dengan lingkungan sosialnya  menekankan baik intersubjektivitas. Bagaimana orang mengalami dan mencapai satu sama lain dalam hubungan , dalam juga mengungkapkan hubungan dalam bahasa.

            Secara umum,  dari penjelasan diatas kegunaan teori psikodinamika antara lain:
1. untuk memahami proses-proses intra-psikis maupun pemahaman internal
2. untuk memahami kemampuan adaptasi, motivasi, serta relasi interpersonal
3. untuk melakukan assessmen terhadap kekuatan maupun keberfungsian sistem ego.
2.3. Teori-teori dalam Perspektif Psikodinamik
2.3.1 Psychoanalytic Theory
Teori psikoanalisis terdiri atas tiga bagian sebagai berikut:
1.       Teori Perkembangan
2.       Teori kepribadian  manusia dan psikologi abnormal
3.       Teori treatment (pengobatan)
              Menurut Yellow, teori ini didukung oleh dua ide dasar antara lain:
Ø   Determinisme Psikis adalah suatu prinsip bahwa tindakan dan prilaku timbul
       dari proses pikiran orang, tidak hanya dari apa yang harusnya terjadi
Ø   Ketidaksadaran merupakan  gagasan bahwa beberapa pikiran dan aktivitas
       mental tersembunyi dari pengetahuan kita.
     Kedua gagasan ini meliputi asumsi tentang kesalahan dalam  bahasa atau lelucon yang yang menggambarkan ketidaktahuan yang tersembunyi dalam proses pemikiran orang. Makna akal sehat tidak selalu sepenuhnya mewakili kompleksitas ide psikodinamik. Yelloly memberikan contoh makna kesadaran untuk menunjukkan bagaimana ide-ide psychodinamic lengkapnya . Perlawanan muncul ketika beberapa pemikiran dan perasaan tidak sesuai dengan keyakinan lain yang kita pegang . Di sini , pikiran tidak harus mengijinkan ide-ide menjadi kesadaran  dari sebuah proses yang disebut represi . Banyak pemikiran yang ditekan adalah dinamis , dalam arti bahwa mereka menyebabkan kita untuk bertindak bahkan jika kita tidak menyadarinya.
     Teori perkembangan memikirkan tentang serangkaian tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak-anak. Dimana dalam tahap  perkembangan ini saling mempengaruhi satu sama lain. Artinya  bahwa tahap perkembangan sekarang ini dipengaruhi oleh tahap sebelumnya, sebaliknya mempengaruhi tahap perkembangan selanjutnya. Setiap tahap perkembangan ini memiliki kebutuhan yang berbeda : oral (kelaparan), anal (ekskresi), phallic (identifikasi dengan  orang tua), oedipal (ketertarikan terhadap lawan jenis), latency (penyelesaian konflik oedipal) dan pubertas (pembelajaran sosial)
     Teori psikoanalisis menunjuk pada struktur kepribadian seseorang yang terdiri atas id, ego dan superego. Id mendorong kita bertindak untuk mengatasi kebutuhan kita tetapi  tidak selalu membawa hasil yang diinginkan. Ego mengontrol id. sedangkan superego mengembangkan prinsip umum moral yang memandu ego.  Satu ciri penting kepribadian yang menonjol adalah bagaimana ego mengelola konflik dan bagaimana kebutuhan ego dan super ego mengontrol id sebagai bentuk tanggung jawab sosial. Jika konflik tersebut tidak dapat diatasi maka muncul kecemasan pada ego dan selanjutnya ego melakukan mekanisme pertahanan (defence mechanism) :
§  Proyeksi yaitu ID yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan sesuatu yang diinginkan ego untuk dilindungi, dikenakan pada orang lain.
§  Sublimasi yaitu energi yang diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang lebih dapat diterima
§  Rasionalisasi yaitu alasan-alasan yang dapat diterima untuk kegiatan aktivitas meski sebenarnya tidak dapat diterima
§  Pertentangan antara ide dan perasaan. Antara tiap orang mempunyai hasil yang berbeda.
     Teori treatment dalam psikoanalisis klassik dibutuhkan terapi layar kosong. Terapi ini dimaksudkan anak dapat mentransfer pengalaman atau emosional mereka dimasa lalu yang tidak dapat diungkapkan dan ternyata pengalaman tersebut berpengaruh terhadap prilaku anak. Misalnya anak mentransfer perasaan tidak sadar mereka ke terapis, dan terapis memperlakukan mereka seolah-olah mereka adalah orang tua.
2.3.2 Functional Theory and Diagnostic Theory
            Teori Diagnostik (Haminton) menyebabkan teori psikososial, yang eksponen utama adalah hollis (Hutan dan Hollin). Elemen penting adalah gagasan seseorang dalam situasi (beberapa penuli , mengikuti teori ekologi, sekarang merujuk kepada orang lingkungan dan klasifikasi pengobatan kerja kasus. Klasifikasi secara rinci telah berkembang dari kedua kata doreck dengan klien dan bekerja langsung dengan instansi lain. Tujuannya adalah untuk mengurangi stres dan tekanan dari lingkunganluar dalam mencapai kapasitas pribadi untuk kepuasan hidupnya. Dasar empiris teori ini akumulasi pengalaman praktis, dan metode penelitian kuantitatif dipertimbangkan dalam sesuai dengan respon individu kesulitan manusia. Pekerja sosial jugamemiliki peran dalam mengukur efektivitas dengan menggunakan indikator konvensionalyang sulit.
Teori Fungsional(Smalley) muncul di USA tahun 1930, pra - imnence dengan teori diagnosiknya, bukan bentuk yang secara signifikan berbeda dari praktek di USA (Dunlap). Namun, Dore berpendapat bahwa teori fungsional memiliki pengaruh dalam pekerjaan sosial berupa ide penentuan nasib sendiri, pentingnya penataan waktu berlatih, penekanan pada proses dan pertumbuhan. Istilah fungsional diterapkan karena ini menekankan bahwa fungsi lembaga pekerjaan sosial memberikan praktek disetiap pengaturan bentuk dan arah. Pekerjaan sosial fungsional menekankan pekerjaan sosial pada proses interaksi antara klien dan pekerja daripada serangkaian tindakan atau prosedur sebuah kerja kasus psikososial yang dimemilikinya.
Problem-solving casework (Perlmen,1957) adalah psikodinamik karena itulah menjadi dasar psikologis.Dimana menekankan dengan masalah penyajian dari klien dan kesulitan saat ini dalam lingkungan.Kurang penekanan pada motivasi rasional dan internal. Klien diasumsikan memiliki kekurangan dalam kapasitas mereka untuk memecahkan masalah dan memerlukan bantuan dalam mengatasi hambatan untuk meningkatkan kapasitas mereka mengatasi. Ini adalah pendekatan yang berakar pada ego psikologi (Perlman) dengan penekanan pada bagaimana mengelola ego diluar hubungan. Model Perlman's adalah pelopor penting pusat tugas kerja kasus, petikan telah mengembangkan gagasan analisis masalah. Hal ini masih digunakan sebagai basi konseptual teks penting, seperti bahwa dari compton dan galaway, yang memperluas dengan analisis lebih detail dari tahap-tahap latihan. Menggambar pada tugas kerja berpusat dan perspektif sistem. Kumar membahas penggunaan rangkaian kegiatan pemecahan masalah dalam konteks India, dan mengklaim bahwa fokus di sini adalah pada masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran dan status yang lebih rendah dari wanita, daripada masalah psikologis dan emosional.
2.3.3Attachment Theory
     Teori ini dikemukakan oleh Howe hasil dari penelitian yang luas terhadap perkembangan anak dan hubungan antara orang tua dan anak. Teori ini melihat pengalaman  awal yang menunjukkan keterikatan dengan solidaritas antar manusia . Orang-orang membentuk identitas diri mereka dalam hubungan sosial , giat belajar bagaimana berurusan dengan orang lain , otak memahami apa yang terjadi di sekitarnya . Sehingga menciptakan hubungan-hubungan awal,  kehangatan , kebersamaan , dukungan dan menjaga kualitas hubungan yang berkesinambungan.
     Bowbly mengembangkan teori bagaimana mencari kaitan lainnya terhadap dorongan  dasar. Ketika anak-anak merasa di bawah tekanan , meraka melakuakan tiga hal penting :
1.     Kedekatan, di mana seorang anak berusaha untuk berada di dekat orang tua atau orang lain yang membuatnya merasa aman
2.     Keamanan , di mana anak merasa mampu mengambil risiko karena orang yang aman di dekatnya
3.     Protes akan Perceraian , di mana seorang anak mencoba untuk mencegah perpisahan dari orang-orang yang  dapat dipercaya.
     Bowlby prihatin dengan bagaimana anak-anak kehilangan ibu di awal kemudian mengalami kecemasan akan perpisahan , perasaan kehilangan dan akhirnya gangguan perilaku . Anak kemudian menarik diri dari pergaulan. Anak memiliki temperamen yang berbeda , yang mempengaruhi bagaimana hubungan sosial  yang  berkembang :
1.     Kesulitan berinteraksi memperlihatkan adanya penarikan diri, kebanyakan yang diperlihatkan adalah ekspresi negatif dan perubahan adaptasi yang lambat
2.     Mudah berinteraksi memperlihatkan adanya kemudahan untuk berinteraksi dengan orang dalam situasi apapun, adaptasi yang tinggi dan selalu memperlihatkan ekspresi yang baik.
3.     Kurangnya interaksi yang menunjukkan penarikan diri dari situasi yang tidak biasa, kurang mampu menyesuaikan diri dan sedikit menunjukkan ekspresi.
     Melalui komunikasi dan interaksi sosial  menghasilkan perilaku yang berpengaruh terhadap perkembangan kompetensi dalam menghadapi situasi sosial , dan adanya tanggapan terhadap pengalaman yang dialami, memperoleh rasa harga diri  dan diri sendiri. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan model kerja dalam dunia kerja. Model atau gambaran yang mereka dapatkan :
1 . Diri sendiri
2 . Orang lain
3 . Hubungan interaksi antara mereka
            Penggunaan teori attachment dalam praktek assesment melihat hal-hal berikut ini :
ü  Hubungan yang ada : pemikiran dan kualitas , fungsi dan struktur
ü  Hubungan sejarah, dan bagaimana menampilkan berbagai jenis perilaku  
        attachment
ü Konteks , stres tertentu akibat dari hubungan relasi dalam lingkungan.
     Pekerja sosial mengintervensi dengan memberikan pemahaman , dukungan dan psikoterapi. Menggunakan pemahaman intelektual dan assessment untuk melihat bagaimana perilaku ini telah dikembangkan. Dukungan melibatkan dukungan praktis , seperti meningkatkan manfaat jaminan sosial atau membantu untuk menyediakan layanan yang mengurangi beban kehidupan sehari-hari , dan dukungan emosional yang diberikan oleh yang tersedia ketika diperlukan sebagai kerahasiaan dan mengakui , menerima dan menghargai pengalaman klien dan perasaan ini.
            Lima tugas terapi diidentifikasi oleh Bowlby berada.
ü  Memberikan rasa aman dari kejadian atau peristiwa yang tidak menyenangkan.
ü  Membantu klien dalam eksplorasi mereka.
ü  Mengenali bagaimana tingkah laku attachment menjadi sangat penting dalam menjaga relasi dalam lingkungan (perkembangan ide psikodinamik tradisional).
ü  Membantu klien untuk memahami bagaimana pengalaman masa lalu mempengaruhi kesulitan dalam berelasi saat ini.
ü  Membantu klien untuk menggunakan pemahaman mereka tentang bagaimana relasi ssat ini merefleksikan pengalaman masa lalu untuk membangun kembali cara pemikiran mereka dan berperilaku dalam relasi
     Koneksi dengan teori psikodinamik yang jelas dari ringkasan teori attachment dan pekerjaan sosial terutama berasal dari catatan Howe itu . Fokus pada emosi , pengembangan pengalaman awal di dasar hubungan kemudian dan masalah emosional dan praktek berdasarkan pemahaman dan wawasan yang khas dari banyak teori psikodinamik . Teori attachmemnt mungkin penting untuk bekerja dengan anak-anak , di mana ia juga didukung oleh penelitian dalam perkembangan anak tetapi aplikasi untuk orang dewasa kurang baik dibuktikan . Dibutuhkan beberapa ide dari kognitif dan teori belajar , terutama pada penekanannya pada terapi sebagai pembelajaran . Ini adalah titik di mana ide praktek dari terapi perilaku kognitif mungkin dimasukkan dalam pendekatan umum berangkat dari praktek dalam teori keterikatan .
2.3.4 Ego Psikologi
     Goldstain dalam pekerjaan sosial menggunakan ide  psikologi ego yang dimulai dari duabelas fungsi ego. Ego adalah struktur mental, yang mengembangkan  mekanisme pemikiran dari kebutuhan  interaksi  dan dorongan dari orang dan tekanan lingkungan . Ego berperan  sebagai energi dan motivasi , sebagai pengontrol, sebagai pengatur dan dasar proses pemikiran. Orang-orang mengatakan bahwa ego yang kuat muncul ketika mereka menjalin sebuah interaksi secara konsisten dengan orang lain.  Jika mereka dapat melakukan ini, mereka disebut master ego. Orang-orang mulai mengeksplorasi, memahami, dan mengubah pemikiran mereka untuk memperoleh master ego yang baik. Orang-orang ingin berhasil didalam melakukan interaksi dengan yang lainnya. Bagaimanapun kompetensi dalam perkembangan sosial juga mempengaruhi transaksi sosial, struktur sosial, dan kebudayaan.
            Fungsi ego, antara lain:
§  Reality-testing
 Ego memungkinkan orang untuk membedakan realitas dari keinginan mereka sendiri dan fantasi. Contohnya : Sebuah ketakutan perempuan bahwa kurangnya kasih sayang suaminya  menunjukkan bahwa ia memiliki kekasih.
§  Judgement
            Ego memungkinkan manusia untuk menilai reaksi yang tepat sebuah  peristiwa menurut ekspetasi sosial dan budaya. Misalnya : Seorang istri yang cemburu ingin berdebat dengan suaminya di pintu depan , tapi menunda karena malu pada  tetangga. Seorang istri dengan penilaian kurang bagus mungkin menampilkan kemarahannya di depan umum
§  Sensing reality
Ego memungkinkan orang untuk merasakan reality mereka tentang dunia dalam kaitannya dengan diri mereka. Contoh : Seorang pria mungkin merasa gagal dari pekerjaan, terlepas dari fakta bahwa pekerjaan dan minatnya tidak mengubah apapun
§  Regulation and control
Ego mengatur dan mengendalikan kontrol, emosi , dan dorongan. Orang mungkin merasa marah terhadap rekan di tempat kerja, tetapi tidak akan menampilkan perasaan ini agar tidak mengganggu hubungan kerja
§  Object relation
Ego mengelola hubungan interpersonal dalam kaitannya dengan obyek dalam pikiran orang. Kontrol ego yang baik akan memungkinkan orang hanya untuk mengambil tindakan pencegahan.
§  Throught Process
Ego menggerakkan manusia dari proses pemikiran primer hingga sekunder. Proses pemikiran  primer memungkinkan keinginan realistis atau impuls untuk diungkapkan secara langsung , menyebabkan ambisi realistis , sedangkan berpikir proses sekunder berarti bahwa orang merencanakan untuk mencapai keinginan mereka untuk memungkinkan orang lain menjadi bertanggung jawab.
§  Adaptive regression
Ego memungkinkan orang untuk  mundur ke cara yang kurang canggih  dalam berpikir dan bertindak  untuk mencapai tujuan . Seorang pria marah dengan pasangannya , dengan memukulkan bantal ke kepalanya, sementara ia berpikir tentang cara mendiskusikan rencana alternatif dengan pasangannya.
§  Devensife function
Ego ini menghasilkan mekanisme psikologis untuk melindungi orang dari pengalaman menyakitkan . Seorang pria tertekan setelah kematian putrinya yang overdosis . Dia menciptakan sebuah kuil di kamar tidur anak , dengan kenang-kenangan dari liburan keluarga yang sukses dan memulai kampanye agains penyalahgunaan narkoba menggunakan gambar  putrinya.
§  Stimulus barriers
 Ego membela orang dari kelebihan atau kekurangan stimulasi. Seorang pria yang memiliki pekerjaan yang  membosankan melakukan  hobi untuk yang melibatkan perhatiannya
§  Autonomous functions
Ego mengelola otonomi primer dan sekunder.  Pengendalian otonomi primer mengontrol konsekuensi dari masalah  psikologis yang tidak dapat dihindari, dan otonomi sekunder adalah tempat orang mengembangkan kapasitas.
§  Mastery-competence
Ego memotivasi orang untuk mendapatkan kontrol atas apa yang terjadi pada mereka dan kompetensi dalam menangani masalah mereka. Seorang remaja dari keluarga miskin mengembangkan keterampilan hubungan yang baik untuk membuat hubungan dengan berbagai teman-teman , untuk meningkatkan peluang  sosial dan kesempatan kerja.
§  Synthetic-intergrative
            Ego mengintegrasikan beragam pengalaman untuk berkontribusi persepsi diri orang secara keseluruhan dan integratif.  Seorang pekerja sosial mampu mentransfer pengetahuan dalam bekerja dengan anak-anak tentang pengalaman bekerja dengan orang-orang cacat

      Ego psikologi memiliki fokus terhadap pada relasi antar objek dan perkembangan ego. Dimana, terdapat dua pandangan tentang relasi objek . Pertama  pandangan eksternal yang menyatakan bahwa peran ego adalah untuk membentuk hubungan yang berkelanjutan dengan orang lain dengan permusuhan kecil , yang lain adalah objek. Pandangan lain adalah intrapsikis , diaman ego membentuk representasi dirinya dalam kaitannya dengan orang lain dengan orang lain melalui pengalaman , internalisasi , dan mengelola hubungan ini dengan realitas eksternal .
     Masalah utama dalam praktek psikologi ego adalah apakah akan menjadi ego sebagai pendukung atau ego sifatnya memodifikasi. Ego sebagai pendukung ber fokus  pada  tingkah laku dan gagasan sekarang lebih baik dari gagasan masa lalu, digunakan untuk meningkatkan keunggulan ego dan proses belajar dan secara langsung menghubungkan antar peksos terhadap berbagi pengalaman positif, metode pendidikan, bekerja dengan lingkungan dan menemukan sumber yang dibutuhkan  klien dan bekerja untuk menghilangkan trauma, peralihan kehidupan, orang miskin tingkah laku dan lemah dalam menanggulangi kecemasan dan kata hati.
     Sedang Ego yang sifatnya memodifikasi berfungsi untuk menghubungkan pengalaman masa lalu dan sekarang, memecahkan konflik, menggunakan pendekatan langsung dan tak langsung  , bekerja langsung dengan klien dalam lingkungan, menghimpun orang dengan kekuatan ego untuk orang yang tidak memiliki gangguan tingkah laku dan pembelaan yang tidak tepat.
     Untuk memutuskan pendekatan mana yang digunakan maka dibutuhkan assesmen ego. Pertanyaan yang harus ditanyakan adalah bagaimana masalah itu datang :
1.     Kesulitan dalam tugas kehidupan sekarang/tugas perkembangan
2.     Stress di masyarakat/ traumatic
3.     Merusak kemampuan ego/ kesulitan perkembangan
4.     Ketiadaan sumber/ dukungan/ kemiskinan antara kemampuan dalam klien dan kebutuhan lingkungan.
     Peksos juga mengassesmen kemampuan internal dan sumber yang ada dilingkungan untuk menyelesaikan masalah klien. Data assesment dapat diperoleh dari klien, keluarga dan orang lain yang berhubungan dengan klien, organisasi dimana klien menjadi anggota seperti sekolahan/kantor, agen lain, mengobservasi tingkah laku klien dengan peksos dan kegunaan tes psikologi dan assesmen.
     Pekerja sosial menggunakan hubungan yang baik untuk menyelesaikan asesmen dan kemudian fokus pada intervensi :
1.     Menopang harapan dan motivasi
2.     Meningkatkan kemandirian, pemecahan masalah dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan
3.     Menyediakan model peran dan pengalaman yang baik yang bisa mengkoreksi pengalaman masa lalu yang buruk
4.     Meningkatkan perubahan kepribadian
5.     Menggerakkan sumber untuk membantu klien
6.     Mengubah lingkungan
7.     Mediasi, mendidik, bekerjasama  dan advokasi antara klien dan pelayanan lainnya.
     Hubungan yang baik dibutuhkan untuk mengakhiri proses intervensi dimana klien berubah dari ketergantungan terhadap peksos dan agen kesejahteraan sosial, walaupun peksos juga memberikan kepercayaan bahwa klien akan dibantu lagi.
     Berbagai teknik psikologi menurut Hollis dan Woods (1981) membantu menjelaskan bagaimana melakukan asesmen :
1.     Teknik menopang; pendengar yang baik mau menerima ide baru, acceptance/penerimaan dan penilaian yang tinggi terhadap klien.
2.     Pengaruh langsung : sugesti, nasehat
3.     Eksplorasi, gambaran dan membeberkan ; mendatangkan dan menilai persepsi klien dan perasaannya tentang situasi yang  dialami
4.     Menggambarkan situasi klien/lingkungan dan fokus pada situasi sekarang dan hubungan yang baik dan mencoba memahami satu sama lain, mengevaluasi perasaan klien dengan situasi dan tingkah laku.
5.     Pola-dinamic reflection
Mengidentifikasi pola tingkah laku dan menghubungkan dengan pikiran dan persepsi
6.     Melihat perkembangan
Membantu klien untuk melihat bagaimana pengalaman sekarang dihubungkan dengan apa yang terjadi pada waktu dulu
7.     Pendidikan
Menyediakan informasi, berhubungan dengan orang lain
8.     Menyusun
Memisahkan masalah, mengidentifikasi prioritas, menetapkan batas waktu dan menyusun aksi/tindakan
2.3.5 Theurapeutic-Environment
            Teori psikodinamik telah diterapkan untuk pekerjaan kasus residental melalui berbagai perkembangan teoritis. Righton menunjukkan hubungan teoritis antara tiga posisi teoritis yang berbeda, yaitu sebagai berikut :
·         Terapi lingkungan terencana (Franklin) didasarkan pada pe/kerjaan dengan remaja maladjusted awalnya dalam perang dunia kedua. Ini adalah memiliki akar teori psikoanalitik, dan pendidikan radikal, termasuk pekerjaan rumah. Lane (Wills,1964), Neill (1964) dan Lyward (Burn,1956).
·         Terapi lingkungan adalah konsep terutama Amerika , yang digunakan dalam karya penulis seperti Polsy, menerapkan tugas kelompok psikodinamik dengan orang-orang muda maladjusted. Ini juga mencakup psikologi ego dan ide-ide Lewin dibidang teori dan ruang hidup (yaitu, total fisik, lingkungan sosial, budaya dan psikologis sekitar penduduk) sebagai cara untuk memahami interaksi antara individu dan dalam kelompok, khususnya dalam perawatan perumahan dengan pelaku remaja (Redl). Keenan menunjukkan bagaimana ruang kerja berfokus pada tujuan untuk klien berada dalam perawatan residental.
·         Terapi komunitas, Jones dan di rumah sakit jiwa memiliki asal-usul penting dalam kedua dunia mencoba untuk berurusan dengan konsekuensi psikologis di rumah sakit (Whiteley) dan hostel dan perumahan shemes berbagai macam throght kerja di seluruh dunia dari Richmond Fellowship (Jansen,Manning) .
     Mungkin yang paling banyak berpengaruh dari model ini praktek perawatan residental adalah terapi komunitas. Kennardtentang atribut utama menawarkan ringkasan yang bermanfaat dari praktik  ketiga bentuk kerja :
1.     Informal dan suasana umum.
2.     Grup pertemuan adalah aspek pusat terapi, untuk berbagi informasi, membangun rasa kohesi, pengambilan keputusan-keputusan terbuka, menawarkan sebuah forum atau umpan balik pribadi dan memungkinkan masyarakat untuk mempengaruhi anggotanya .
3.     Semua peserta berbagi dalam pekerjaan menjalankan masyarakat.
4.     Penduduk memiliki peran terapeutik dengan satu sama lain.
5.     Otoritas dibagi antara staf dan penduduk .
6.     Nilai-nilai bersamaadalah bahwa masalah-masalah individu sebagian besar tentang hubungan dengan orang lain, terapi adalah proses belajar (learning wawasan- Hinshelwood) dan anggota berbagi kesetaraan psikologis dasar sebagai manusia.



















BAB III
PENUTUP

3.1   Kesimpulan
     Di dalam memahami praktik pekerjaan sosial diperlukan teori-teori untuk bisa memahami klien. Salah satunya mengenai teori psikodinamik. Perspektif psikodinamik dikembangkan oleh Sigmund Freud. Psikodinamika adalah teori yang didasarkan pada asumsi bahwa perilaku berasal dari gerakan dan interaksi dalam pikiran manusia, kemudian pikiran merangsang perilaku dan keduanya saling mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya.
     Pekerjaan sosial psikodinamik berguna dalam memberikan kontribusi untuk pekerjaan sosial yang memiliki fokus pada konteks sosial di mana hubungan interpersonal terjadi. Psikodinamik  membantu kita untuk memahami beberapa perspektif tentang realitas dan membantu meningkatkan hubungan antar manusia dengan lingkungan sosialnya.
            Perspektif psikodinamika didasarkan oleh teori-teori seperti : teori psikoanalisis, teori diagnostik dan teori fungsional, teori attachment, ego psikologi, dan teori therapeutic-environment.















DAFTAR PUSTAKA


Payne,Malcolm. 2005. Modern Social Work Theory. Edisi Ketiga. New York: Palgrave Macmillan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar